PROGRAM STUDI
ILMU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
ISLAM (IPAUDI)
STAIN BATUSANGKAR
A.
Visi
Menjadi lembaga pendidikan
tenaga kependidikan anak usia dini yang unggul, cerdas, bermartabat dan
berkarakter serta berbasis teknologi berdasarkan Al-Quran dan Sunnah.
B.
Misi
- Melaksanakan pendidikan calon pendidik anak usia dini yang memiliki keunggulan wawasan keislaman
- Mengembangkan keilmuan pendidikan
anak usia dini
- Melakukan penelitian dan pengkajian
pendidikan anak usia dini
- Membentuk tenaga kependidikan anak usia yang memiliki karakter islam
- Melaksanakan proses pembelajaran
berbasis teknologi modern yang islami
C.
Tujuan
1.
Menghasilkan
Sarjana Pendidikan anak usia dini yang profesional
2. Menghasilkan model
pendidikan anak usia dini yang integratif
3. Menghasilkan
penelitian dan kajian pendidikan anak usia dini
4. Menghasilkan tenaga
pendidik anak usia dini yang berkarakter islam
5. Menghasilkan produk
ilmu pengetahuan, teknologi dan seni dalam bidang pendidikan anak usia dini
yang berbasis islam.
LANDASAN PROGRAM
Jurusan/program studi IPAUDI STAIN Batusangkar memiliki nilai plus dengan ciri khasnya
sendiri yang berbasiskan Islam tanpa mengabaikan standar kompetensi profesi
pendidik PAUD secara nasional.
Jurusan/
program studi IPAUDI di lingkungan
Kemenag sebagai
penyelenggara program pendidikan akademik dan tenaga profesional pendidik anak
usia dini memiliki standar profesi pendidik anak usia dini yang lebih spesifik
dengan acuan standar pelayanan minimal (SPM) dari terselenggaranya pendidikan
akademik dan profesi pendidik anak usia dini yang berbasiskan Islam.
Profil dan
Informasi Karier Lulusan
1
|
||
2
|
||
3
|
||
4
|
Nama Karier
|
1. Pendidik Anak Usia Dini di Lembaga PAUD (Tempat Penitipan Anak, Kelompok Bermain/
Playgroup, TK/RA)
2. Pengelola PAUD
|
5
|
Wilayah Karier Utama:
1. Tempat Penitipan
Anak;
2. Kelompok Bermain/
Playgroup;
3.
TK/RA.
Alternatif Wilayah Karier:
1. Pengelola
Yayasan/ Lembaga PAUD
2. Instruktur Pendidik PAUD
|
|
6
|
Garapan Karier
|
|
7
|
Standar Prestasi Karier/Kerja
|
Pendidik Anak Usia Dini dalam menampilkan unjuk kerjanya mencerminkan
sosok sebagai berikut;
1.
Mempunyai wawasan, pengetahuan, keterampilan, nilai dan sikap profesional
dalam bidang pendidikan anak usia dini yang berbasiskan Islam.
2.
Mampu mensinergikan kompetensi akademik-keilmuan, keahlian dan
keterampilan, kompetensi personal dan sosial secara integral dalam bidang
pendidikan anak usia dini yang berbasiskan Islam di lembaga pendidikan dan di masyarakat.
3. Mampu melakukan
penilaian/evaluasi terhadap tumbuh kembang anak usia dini sesuai dengan fase
perkembangan anak usia dini
4. Mampu melakukan
penilaian dan pengembangan terhadap lembaga pendidikan anak usia dini
5. mampu menjadi
instruktur dan tutorial kepada teman sejawat dalam pembentukan tenaga
kependidikan PAUD
|
8
|
||
9
|
Kredibilitas dan Jenjang karier
|
|
10
|
Penghasilan
|
|
11
|
Prosedur Penerimaan/ Pengangkatan
|
Sistem Pelayanan Akademik/
Perkuliahan Integratif
Seluruh proses pendidikan pada program
studi IPAUDI STAIN Batusangkar dirancang sebagai serangkaian pengalaman belajar
yang berkelanjutan disertai pengendalian mutu sejak penjaringan input melalui
seleksi/ tes, mengikuti proses perkuliahan dengan pendekatan integratif dan
pembelajaran aktif, pembimbingan hingga mahasiswa lulus.
Penempatan dosen pada mata kuliah dan
tugas pembimbingan semaksimal mungkin diupayakan pada bidang keahlian dosen,
namun di pihak lain dimungkinkan terjadinya merger
keilmuan dalam bentuk pengajaran tim dalam mata kuliah yang sifatnya interdisipliner dan integratif, misalnya
Tafsir Ayat Tarbawi/ Pendidikan Anak Usia Dini, dan mata kuliah lainnya.
Pada awal perkuliahan mahasiswa
diperkenalkan dan diberikan pemahaman tentang profil program studi dan prospek
lulusan program studinya, yang dilanjutkan dengan kegiatan ekstrakurikuler yang menunjang akademik dan kemampuannya sebagai
calon Pendidik Anak Usia Dini dengan
memberdayakan HMPS untuk melaksanakan Kegiatan Kelompok Belajar (KKB)
melalui pembimbingan dosen secara informal dengan kontrol program studi.
Kemudian pada semester 1 dan 2 diberikan perkuliahan intensif bahasa Arab dan
Inggris dengan mata kuliah keislaman. Selanjutnya pada semester 3 dan
seterusnya secara lebih spesifik mahasiswa mengambil mata kuliah kompetensi
prodi dan ditambah dengan mata kuliah Praktek Pengamalan Ibadah (PPI).
Pengendalian mutu lebih lanjut dilakukan melalui evaluasi perkuliahan secara
periodik dalam bentuk ucil, tugas terstruktur, portofolio, ujian tengah
semester (UTS), ujian akhir semester (UAS), seminar proposal, ujian komprensif,
dan diakhiri dengan ujian munaqasyah untuk mempertanggungjawabkan hasil karya
ilmiahnya sebagai bagian dari syarat memperoleh Sarjana Pendidikan Islam
(S.Pd.I) dalam bidang IPAUDI.
G. Kurikulum
Kurikulum program studi IPAUDI STAIN Batusangkar terdiri atas kurikulum
inti dan kurikulum institusional yang berbasis kompetensi. Pengembangan
kurikulum didasarkan kepada visi, misi, dan tujuan yang telah dirumuskan.
Sebagai sandaran utama kurikulum adalah body of knowledge pendidik anak
usia dini yang memenuhi standar Kurikulum Nasional Inti/ Bersama jurusan/
program studi PAUD se-Indonesia. Kurikulum tersebut dikembangkan lebih lanjut
dengan kurikulum IPAUDI berbasiskan Islam yang tergambar secara eksplisit pada
mata-mata kuliah IPAUDI dengan basis Islam.
Materi pokok kurikulum merupakan serangkaian mata kuliah yang membina dan
mengintegrasikan segenap kompetensi utama minimal profesi pendidik anak usia
dini dengan basis Islam. Fokus sentral
pengembangan kompetensi diarahkan lebih khusus untuk pelayanan pendidik
anak usia dini yang berbasiskan Islam pada setting pendidikan dasar dan
menengah. Serangkaian mata kuliah yang telah disusun sebagai penjabaran dari
kurikulum telah dilengkapi dengan sinopsis mata kuliah masing-masing yang
disepakati oleh masyarakat profesi. Penjabaran kurikulum tercakup dalam lima
kompetensi utama, yaitu; kompetensi pengembangan kepribadian, kompetensi
keilmuan dan keterampilan, kompetensi keahlian berkarya, kompetensi perilaku
berkarya, dan kompetensi berkehidupan bermasyarakat.
Tenaga Pengajar/ Dosen
Tenaga Pengajar/ Dosen
Tenaga
pengajar/ dosen program studi IPAUDI STAIN Batusangkar berkualifikasi
pendidikan akademik Doktor dan Magister serta sebagian besar dosen
berkualifikasi pendidikan akademik Magister. Latar belakang pendidikan mereka
beragam, ada yang tamatan Australia, Malaysia, UPI, UGM, UNJ, UNP, UIN Jakarta, Universitas
Negeri Malang (UM), Unpad, STAIN, dan UMS. Dengan keterlibatan dosen yang
berbeda latar belakangnya tersebut, para mahasiswa diharapkan dapat memperoleh
pengayaan dari berbagai sumber yang berbeda-beda nuansa dan pemikirannya.
Sarana Penunjang
Di samping ketersediaan
dosen yang berkualitas, mempunyai kualifikasi akademik yang memadai dan ditempa
dengan pengalaman nyata di lapangan dalam bentuk praktek pembinaan pendidik
anak usia dini. Program studi IPAUDI
dalam penyelenggaraan program akademik yang profesional ditopang oleh ;
- Labor Micro
Teaching
- Labor Musik dan Tari
- Labor / Workshop Media Belajar
- Labor Kesehatan dan Gizi
- Labor Komputer dan Internet
- Perpustakaan
Struktur Kurikulum
Semester I |
|||
No
|
Kode Mata
Kuliah
|
Mata Kuliah
|
SKS
|
1
|
Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini
|
3
|
|
2
|
Psikologi Perkembangan Bayi
|
2
|
|
3
|
Pengantar Ilmu Pendidikan & Pendidikan Islam
|
3
|
|
4
|
Fiqh I
|
2
|
|
5
|
Tauhid/Ilmu Kalam
|
2
|
|
6
|
Ilmu Alamiah Dasar
|
2
|
|
7
|
Bahasa Indonesia
|
2
|
|
8
|
Bahasa Arab I
|
2
|
|
9
|
Bahasa Inggris I
|
2
|
|
Jumlah
|
20
|
||
Semester II
|
|||
No
|
Kode Mata
Kuliah
|
Mata Kuliah
|
SKS
|
1
|
Bermain
|
3
|
|
2
|
Psikologi Perkembangan Kanak-Kanak
|
3
|
|
3
|
Sejarah Pendidikan Islam
|
2
|
|
4
|
Akhlak Tasawuf
|
2
|
|
5
|
Psikologi Pendidikan
|
2
|
|
6
|
Filsafat Pendidikan
|
2
|
|
7
|
Civic Education
|
3
|
|
8
|
Bahasa Arab II
|
2
|
|
9
|
Bahasa Inggris II
|
2
|
|
Jumlah
|
21
|
||
Semester III
|
|||
No
|
Kode Mata
Kuliah
|
Mata Kuliah
|
SKS
|
1
|
Landasan Pendidikan Anak Usia Dini
|
2
|
|
2
|
Psikologi Perkembangan Anak
|
2
|
|
3
|
Fiqh Kontemporer/Pendidikan Anak
|
2
|
|
4
|
Sejarah Peradaban Islam
|
3
|
|
5
|
Pemikiran Pendidikan Islam
|
3
|
|
6
|
Sosiologi Pendidikan
|
2
|
|
7
|
Kompetensi Profesional Pendidik PAUD
|
2
|
|
8
|
Deteksi Tumbuh Kembang Anak Usia Dini
|
2
|
|
9
|
Kesehatan dan Gizi Anak Usia Dini
|
3
|
|
Jumlah
|
21
|
||
Semester IV
|
|||
No
|
Kode Mata
Kuliah
|
Mata Kuliah
|
SKS
|
1
|
Tafsir Ayat Pendidikan Anak
|
2
|
|
2
|
Kurikulum PAUD
|
3
|
|
3
|
Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini
|
2
|
|
4
|
Desain Pembelajaran Anak Usia Dini
|
2
|
|
5
|
Perlindungan dan Hak Anak
|
2
|
|
6
|
English for Young Children
|
2
|
|
7
|
Metode Pengembangan Bahasa & Literasi Anak Usia Dini
|
2
|
|
8
|
Metode Pengembangan Fisik Motorik
|
2
|
|
9
|
Pengembangan Spiritual dan Keberagamaan Anak Usia Dini
|
2
|
|
10
|
Bimbingan Anak Usia Dini
|
2
|
|
Jumlah
|
21
|
||
Semester V
|
|||
No
|
Kode Mata
Kuliah
|
Mata Kuliah
|
SKS
|
1
|
Hadist Tarbawi Pendidikan Anak
|
2
|
|
2
|
Evaluasi Pembelajaran Anak Usia Dini
|
3
|
|
3
|
Media Pembelajaran Anak Usia Dini
|
2
|
|
4
|
Statistika Pendidikan
|
3
|
|
5
|
Pengelolaan Lingkungan Belajar
|
2
|
|
7
|
Pendidikan Moral dan Karakter Anak Usia Dini
|
2
|
|
8
|
Social Studies untuk Anak Usia Dini
|
2
|
|
9
|
Seni Rupa dan Kreativitas
|
3
|
|
Metode Pembelajaran Al-Quran untuk Anak Usia Dini
|
2
|
||
Jumlah
|
21
|
||
Semester VI
|
|||
No
|
Kode Mata
Kuliah
|
Mata Kuliah
|
SKS
|
1
|
Model-Model PAUD
|
2
|
|
2
|
Bahasa Arab untuk Anak Usia Dini
|
2
|
|
3
|
Matematika untuk Anak Usia Dini
|
2
|
|
4
|
Sains untuk Anak Usia Dini
|
2
|
|
5
|
Metodologi Penelitian
|
3
|
|
6
|
Musik dan Tari
|
3
|
|
7
|
Kuliah Kerja Nyata
|
4
|
|
Mata Kuliah Pilihan
|
|||
8
|
Pendidikan Berkebutuhan Khusus*
|
2
|
|
Jumlah
|
20
|
||
Semester VII
|
|||
No
|
Kode Mata
Kuliah
|
Mata Kuliah
|
SKS
|
1
|
Manajemen Lembaga PAUD
|
2
|
|
2
|
PAUD Berbasis Keluarga Islam/ Parenting
|
2
|
|
3
|
Pemberdayaan Masyarakat dalam Penyelenggaraan PAUD
|
2
|
|
4
|
Pembelajaran Komputer untuk Anak Usia Dini
|
2
|
|
5
|
Micro Teaching
|
3
|
|
Jumlah
|
11
|
||
Semester VIII
|
|||
No
|
Kode Mata
Kuliah
|
Mata Kuliah
|
SKS
|
1
|
PPL
|
4
|
|
2
|
Skripsi
|
6
|
|
Jumlah
|
10
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar