IPAUDI STAIN Batusangkar





PROGRAM STUDI
ILMU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI ISLAM (IPAUDI)
STAIN  BATUSANGKAR


A.    Visi
Menjadi lembaga pendidikan tenaga kependidikan anak usia dini yang unggul, cerdas, bermartabat dan berkarakter serta berbasis teknologi berdasarkan Al-Quran dan Sunnah.

B.       Misi
  1. Melaksanakan pendidikan calon pendidik anak usia dini yang memiliki keunggulan wawasan keislaman
  2. Mengembangkan keilmuan pendidikan anak usia dini
  3. Melakukan penelitian dan pengkajian pendidikan anak usia dini
  4. Membentuk tenaga kependidikan anak usia yang memiliki karakter islam
  5. Melaksanakan proses pembelajaran berbasis teknologi modern yang islami

C.      Tujuan
1.      Menghasilkan Sarjana Pendidikan anak usia dini yang profesional
2.      Menghasilkan model pendidikan anak usia dini yang integratif
3.      Menghasilkan penelitian dan kajian pendidikan anak usia dini
4.      Menghasilkan tenaga pendidik anak usia dini yang berkarakter islam
5.      Menghasilkan produk ilmu pengetahuan, teknologi dan seni dalam bidang pendidikan anak usia dini yang berbasis islam.

 LANDASAN PROGRAM

Jurusan/program studi IPAUDI STAIN Batusangkar memiliki nilai plus dengan ciri khasnya sendiri yang berbasiskan Islam tanpa mengabaikan standar kompetensi profesi pendidik PAUD secara nasional.  
Jurusan/ program studi IPAUDI  di lingkungan Kemenag sebagai penyelenggara program pendidikan akademik dan tenaga profesional pendidik anak usia dini memiliki standar profesi pendidik anak usia dini yang lebih spesifik dengan acuan standar pelayanan minimal (SPM) dari terselenggaranya pendidikan akademik dan profesi pendidik anak usia dini yang berbasiskan Islam.

Profil dan Informasi Karier Lulusan
1
Lembaga Pencetak Karier/Pekerjaan
Jurusan Tarbiyah Program Studi KI
Konsentrasi IPAUDI STAIN  Batusangkar
2
Calon Mahasiswa
Calon mahasiswa Program Studi  IPAUDI dapat berasal dari tamatan Madrasah Aliyah (MA), Pesantren, SMA, SMK, dan sederajat baik negeri maupun swasta.
3
Gelar Akademik
Sarjana Pendidikan Islam (S.Pd.I)
4
Nama Karier
1.      Pendidik Anak Usia Dini di Lembaga PAUD (Tempat Penitipan Anak, Kelompok Bermain/ Playgroup, TK/RA)
2.      Pengelola PAUD
5
Lapangan/Wilayah Karier/Pekerjaan
Wilayah Karier Utama:
1.  Tempat Penitipan Anak;
2.  Kelompok Bermain/ Playgroup;
3.  TK/RA.
Alternatif Wilayah Karier:
1. Pengelola Yayasan/ Lembaga PAUD
2.  Instruktur Pendidik PAUD
6
Garapan Karier
Melaksanakan proses pembelajaran anak usia dini yang berbasiskan Islam secara profesional dalam mengembangkan potensi dan mengoptimalkan tumbuh kembang anak usia dini dalam berbagai aspek perkembangan fisik, kognitif, emosi dan sosial berdasarkan tahapan perkembangan anak.
7
Standar Prestasi Karier/Kerja
Pendidik Anak Usia Dini dalam menampilkan unjuk kerjanya mencerminkan sosok sebagai berikut;
1.   Mempunyai wawasan, pengetahuan, keterampilan, nilai dan sikap profesional dalam bidang pendidikan anak usia dini yang berbasiskan Islam.
2.   Mampu mensinergikan kompetensi akademik-keilmuan, keahlian dan keterampilan, kompetensi personal dan sosial secara integral dalam bidang pendidikan anak usia dini yang berbasiskan Islam di lembaga pendidikan  dan  di masyarakat.
3.  Mampu melakukan penilaian/evaluasi terhadap tumbuh kembang anak usia dini sesuai dengan fase perkembangan anak usia dini
4.  Mampu melakukan penilaian dan pengembangan terhadap lembaga pendidikan anak usia dini
5.  mampu menjadi instruktur dan tutorial kepada teman sejawat dalam pembentukan tenaga kependidikan PAUD
8
Status Karir/ Pekerjaan
1.   Pendidik anak usia dini dapat berstatus sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) tetap pada Taman Kanak-Kanak (TK/RA) negeri/swasta atau menjadi tenaga honorer di lembaga PAUD negeri atau swasta.
2.  Instruktur pada Pusat Pelatihan Pembinaan dan Pengembangan Tenaga Kependidikan PLB & TK/RA
9
Kredibilitas dan Jenjang karier

1. Pendidik Anak Usia Dini merupakan tenaga pendidik di Tempat Penitipan Anak. Kelompok Bermain, TK/RA (Undang-Undang No. 20 tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional).
2. Pendidik Anak Usia Dini di TK/RA memegang jabatan fungsional (SK Menpan No. 084/1993) dengan jenjang karier pangkat paling rendah Guru Muda Tk I sampai jadi Guru Utama.
10
Penghasilan
Penghasilan Pendidik Anak Usia Dini dapat berupa gaji tetap, tunjangan pendidikan/ fungsional dan penghasilan lain yang sah.
11
Prosedur Penerimaan/ Pengangkatan
Untuk dapat diangkat menjadi Pendidik Anak Usia Dini di TK/RA  prosedur  yang mesti dilalui adalah: Calon (Sarjana Pendidik anak usia dini) mendaftar ke kantor Kementerian  Agama dan/atau kantor Badan Kepegawaian Daerah  untuk mengikuti tes penerimaan Calon Pegawai Negeri atau mendaftar ke Yayasan yang memiliki TK/RA.

 Sistem Pelayanan Akademik/ Perkuliahan Integratif
Seluruh proses pendidikan pada program studi IPAUDI STAIN Batusangkar dirancang sebagai serangkaian pengalaman belajar yang berkelanjutan disertai pengendalian mutu sejak penjaringan input melalui seleksi/ tes, mengikuti proses perkuliahan dengan pendekatan integratif dan pembelajaran aktif, pembimbingan hingga mahasiswa lulus.
Penempatan dosen pada mata kuliah dan tugas pembimbingan semaksimal mungkin diupayakan pada bidang keahlian dosen, namun di pihak lain dimungkinkan terjadinya merger keilmuan dalam bentuk pengajaran tim dalam mata kuliah yang sifatnya interdisipliner dan integratif, misalnya Tafsir Ayat Tarbawi/ Pendidikan Anak Usia Dini, dan mata kuliah lainnya.
Pada awal perkuliahan mahasiswa diperkenalkan dan diberikan pemahaman tentang profil program studi dan prospek lulusan program studinya, yang dilanjutkan dengan kegiatan ekstrakurikuler yang menunjang akademik dan kemampuannya sebagai calon Pendidik Anak Usia Dini dengan  memberdayakan HMPS untuk melaksanakan Kegiatan Kelompok Belajar (KKB) melalui pembimbingan dosen secara informal dengan kontrol program studi. Kemudian pada semester 1 dan 2 diberikan perkuliahan intensif bahasa Arab dan Inggris dengan mata kuliah keislaman. Selanjutnya pada semester 3 dan seterusnya secara lebih spesifik mahasiswa mengambil mata kuliah kompetensi prodi dan ditambah dengan mata kuliah Praktek Pengamalan Ibadah (PPI). Pengendalian mutu lebih lanjut dilakukan melalui evaluasi perkuliahan secara periodik dalam bentuk ucil, tugas terstruktur, portofolio, ujian tengah semester (UTS), ujian akhir semester (UAS), seminar proposal, ujian komprensif, dan diakhiri dengan ujian munaqasyah untuk mempertanggungjawabkan hasil karya ilmiahnya sebagai bagian dari syarat memperoleh Sarjana Pendidikan Islam (S.Pd.I) dalam bidang IPAUDI.
G.    Kurikulum
      Kurikulum program studi IPAUDI STAIN Batusangkar terdiri atas kurikulum inti dan kurikulum institusional yang berbasis kompetensi. Pengembangan kurikulum didasarkan kepada visi, misi, dan tujuan yang telah dirumuskan. Sebagai sandaran utama kurikulum adalah body of knowledge pendidik anak usia dini yang memenuhi standar Kurikulum Nasional Inti/ Bersama jurusan/ program studi PAUD se-Indonesia. Kurikulum tersebut dikembangkan lebih lanjut dengan kurikulum IPAUDI berbasiskan Islam yang tergambar secara eksplisit pada mata-mata kuliah IPAUDI dengan basis Islam.
      Materi pokok kurikulum merupakan serangkaian mata kuliah yang membina dan mengintegrasikan segenap kompetensi utama minimal profesi pendidik anak usia dini dengan basis Islam. Fokus sentral  pengembangan kompetensi diarahkan lebih khusus untuk pelayanan pendidik anak usia dini yang berbasiskan Islam pada setting pendidikan dasar dan menengah. Serangkaian mata kuliah yang telah disusun sebagai penjabaran dari kurikulum telah dilengkapi dengan sinopsis mata kuliah masing-masing yang disepakati oleh masyarakat profesi. Penjabaran kurikulum tercakup dalam lima kompetensi utama, yaitu; kompetensi pengembangan kepribadian, kompetensi keilmuan dan keterampilan, kompetensi keahlian berkarya, kompetensi perilaku berkarya, dan kompetensi berkehidupan bermasyarakat.

 Tenaga Pengajar/ Dosen
       Tenaga pengajar/ dosen program studi IPAUDI STAIN Batusangkar berkualifikasi pendidikan akademik Doktor dan Magister serta sebagian besar dosen berkualifikasi pendidikan akademik Magister. Latar belakang pendidikan mereka beragam, ada yang tamatan Australia, Malaysia, UPI, UGM, UNJ, UNP, UIN Jakarta, Universitas Negeri Malang (UM), Unpad, STAIN, dan UMS. Dengan keterlibatan dosen yang berbeda latar belakangnya tersebut, para mahasiswa diharapkan dapat memperoleh pengayaan dari berbagai sumber yang berbeda-beda nuansa dan  pemikirannya.
       
Sarana Penunjang
       Di samping ketersediaan dosen yang berkualitas, mempunyai kualifikasi akademik yang memadai dan ditempa dengan pengalaman nyata di lapangan dalam bentuk praktek pembinaan pendidik anak usia dini. Program studi IPAUDI  dalam penyelenggaraan program akademik yang profesional ditopang oleh ;
  1. Labor Micro Teaching
  2. Labor Musik dan Tari
  3. Labor / Workshop Media Belajar
  4. Labor Kesehatan dan Gizi
  5. Labor Komputer dan Internet
  6. Perpustakaan
Struktur Kurikulum 

Semester I
No
Kode Mata Kuliah
Mata Kuliah
SKS
1

Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini
3
2

Psikologi Perkembangan Bayi
2
3

Pengantar Ilmu Pendidikan & Pendidikan Islam
3
4

Fiqh I
2
5

Tauhid/Ilmu Kalam
2
6

Ilmu Alamiah Dasar
2
7

Bahasa Indonesia
2
8

Bahasa Arab I
2
9

Bahasa Inggris I
2
Jumlah
20
Semester II
No
Kode Mata Kuliah
Mata Kuliah
SKS
1

Bermain
3
2

Psikologi Perkembangan Kanak-Kanak
3
3

Sejarah Pendidikan Islam
2
4

Akhlak Tasawuf
2
5

Psikologi Pendidikan
2
6

Filsafat Pendidikan
2
7

Civic Education
3
8

Bahasa Arab II
2
9

Bahasa Inggris II
2
Jumlah
21
Semester III
No
Kode Mata Kuliah
Mata Kuliah
SKS
1

Landasan Pendidikan Anak Usia Dini
2
2

Psikologi Perkembangan Anak
2
3

Fiqh Kontemporer/Pendidikan Anak
2
4

Sejarah Peradaban Islam
3
5

Pemikiran Pendidikan Islam
3
6

Sosiologi Pendidikan
2
7

Kompetensi Profesional Pendidik PAUD
2
8

Deteksi Tumbuh Kembang Anak Usia Dini
2
9

Kesehatan dan Gizi Anak Usia Dini
3
Jumlah
21
Semester IV
No
Kode Mata Kuliah
Mata Kuliah
SKS
1

Tafsir Ayat Pendidikan Anak
2
2

Kurikulum PAUD
3
3

Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini
2
4

Desain Pembelajaran Anak Usia Dini
2
5

Perlindungan dan Hak Anak
2
6

English for Young Children
2
7

Metode Pengembangan Bahasa & Literasi Anak Usia Dini
2
8

Metode Pengembangan Fisik Motorik
2
9

Pengembangan Spiritual dan Keberagamaan Anak Usia Dini
2
10

Bimbingan Anak Usia Dini
2
Jumlah
21
Semester V
No
Kode Mata Kuliah
Mata Kuliah
SKS
1

Hadist Tarbawi Pendidikan Anak
2
2

Evaluasi Pembelajaran Anak Usia Dini
3
3

Media Pembelajaran Anak Usia Dini
2
4

Statistika Pendidikan
3
5

Pengelolaan Lingkungan Belajar
2
7

Pendidikan Moral dan Karakter Anak Usia Dini
2
8

Social Studies untuk Anak Usia Dini
2
9

Seni Rupa dan Kreativitas
3


Metode Pembelajaran Al-Quran untuk Anak Usia Dini
2
Jumlah
21
Semester VI
No
Kode Mata Kuliah
Mata Kuliah
SKS
1

Model-Model PAUD
2
2

Bahasa Arab untuk Anak Usia Dini
2
3

Matematika untuk Anak Usia Dini
2
4

Sains untuk Anak Usia Dini
2
5

Metodologi Penelitian
3
6

Musik dan Tari
3
7

Kuliah Kerja Nyata
4


Mata Kuliah Pilihan





8

Pendidikan Berkebutuhan Khusus*
2
Jumlah
20
Semester VII
No
Kode Mata Kuliah
Mata Kuliah
SKS
1

Manajemen Lembaga PAUD
2
2

PAUD Berbasis Keluarga Islam/ Parenting
2
3

Pemberdayaan Masyarakat dalam Penyelenggaraan PAUD
2
4

Pembelajaran Komputer untuk Anak Usia Dini
2
5

Micro Teaching
3










Jumlah
11
Semester VIII
No
Kode Mata Kuliah
Mata Kuliah
SKS
1

PPL
4
2

Skripsi
6
Jumlah
10


                                                    



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar